RESUME BAHASA
INDONESIA
MEMBACA CEPAT
- Tujuan membaca :
1.
Memberi kesenangan.
2.
Membantu memecahkan
masalah penelitian.
3.
Meningkatkan
pengetahuan.
4.
Mendapatkan informasi
penting.
- Materi bacaan :
1.
Untuk kesenangan : Novel, cerpen, buku populer,
surat sahabat.
2.
Untuk penelitian : Buku, ensiklopedia,
artikel, jurnal.
3.
Untuk pengetahuan : Majalah, surat kabar, buku.
- Membaca cepat :
1.
Mendapatkan materi
teks secara umum.
2.
Memisahkan materi
relevan dengan yang tidak relevan.
3.
Mengetahui ide/tema
bacaan.
4.
Keuntungan : Dapat
melahap banyak teks.
5.
Kerugian : Informasi
tidak optimal.
- Membaca cermat :
1.
Mendapatkan pemahaman
materi teks secara detail.
2.
Mempertahankan
konsentrasi.
3.
Mengingat dengan
jelas apa yang dibaca.
4.
Mengikuti dengan
langkah-langkah/aturan secara cermat.
5.
Memahama ide/istilah
sulit.
6.
Menyita waktu untuk 1
bacaan.
- Previewing :
1.
Previewing adalah
teknik membaca untuk mendapatkan gambaran teks secara umum.
2.
Hasil pengamatan
Mikulecky dan Jeffries (1996), dengan preview proses pemahaman informasi dapat
dicapai dengan cepat, bahkan bisa membantu pembaca mengikuti gagasan penulisnya.
3.
Hasil preview adalah
mengetahui Judul, Penulis, interpretasi Jenis atau Genre Bacaan, prediksi
tentang isi tulisan.
- Bagian-Bagian yang Dipreview :
1.
Penulis:
……………………………………….
2.
Tahun
terbit:………..Jumlah Hal:…………..
3.
Pendahuluan atau
Pengantar:………………
4.
Jumlah
Bab:…………………………………..
5.
____Daftar
Isi:…………………………………
6.
____Simpulan:………………………………..
7.
____Lampiran:…………………………………
8.
____indeks:……………………………………
9.
____Bibliografi atau
Daftar Pustaka:……….
10.
____Tabel, Grafik,
Bagan:…………………..
- Scanning :
1.
Scanning adalah
teknik baca cepat untuk mencari informasi yang Anda diinginkan. Anda mencari
ide atau kata kunci saja.
2.
Seringkali anda sudah
tahu apa yang anda kehendaki sehingga pikiran Anda terfokus pada penemuan
jawaban.
3.
Scanning menggerakkan
mata dengan cepat di setiap lembar halaman. Scanning akan menjawab apakah
sumber bacaan ini relevan dengan kepentingan anda
4.
Ketika menyecan,
lihatlah tata tulis yang digunakan seperti, penomoran, abjad, langkah-langkah
seperti satu, dua, dst, kata-kata yang tercetak tebal, miring, atau ukuran
huruf yang berbeda, gaya cetak atau warna. Seringkali Penulis akan menempatkan
ide pokoknya dengan cara ini.
5.
Jika Anda membaca
buku standar, gunakan indeks untuk menemukan ide atau kata kunci.
- Skimming :
1.
Skimming adalah
teknik baca cepat untuk mengidentifikasi ide pokok sebuah teks. Anda tidak
perlu membaca kata per kata seperti baca normal. Kecepatan baca anda 3 sampai 4
kali lebih cepat dari biasa. Orang akan menggunakan teknik ini jika begitu
banyaknya bacaan yang harus dibaca dengan waktu yang terbatas. Gunakan skimming
untuk melihat apakah teks tersebut sebidang dengan penelitian anda.
2.
Langkah-langkah
skimming, awalnya sama dengan previewing yaitu baca cepat judul, subjudul, lalu
baca kalimat pertama atau terakhir setiap paragraf karena biasanya ide pokok
ada pada posisi itu.
3.
Ingat bahwa anda
menggunakan skimming untuk mencari informasi khusus bukan pemahaman secara
menyeluruh. Ide pokok juga akan tergambar pada fakta yang diberikan pada tabel,
grafik atau bagan.
- Tujuan hubungan dengan tehnik membaca cepat :
1.
Kesenangan : Previewing, scanning, skimming
-> membaca cermat.
2.
Penelitian : Previewing, scanning, skimming
-> sortir bahan : membaca cermat.
3.
Pengetahuan : Previewing, scanning, skimming ->
membaca cermat.
4.
Informasi : Previewing, scanning, skimming
-> selesai.
- Tips Membaca Lebih Cepat
1.
Tinggalkan cara
mebaca dengan lisan (100-300 wpm), lakukanlah dengan hati (> 800 wpm).
2.
Gunakan pengetahuan
bahasa Indonesia Anda, seperti pola kalimat, logika berpikir, kata perangkai
kalimat, dan kata kunci (keywords), sebaliknya hindari kata-kata tugas karena
tidak penting untuk pemahaman. Cara ini menghemat 10-50 % kata-kata yang tidak
penting.
3.
Gunakan gerakan mata,
bukan gerakan kepala secara efektif untuk menghemat waktu beberapa detik lagi.
4.
Terapkan pengetahuan
membaca yang Anda dapat, pertama previewing, scanning, dan skimming.
5.
Biasakan diri dengan
deadline waktu. Adanya tekanan waktu (time pressure) akan membantu Anda untuk
lebih konsentrasi pada materi bacaan.
6.
Jika kelima Tips di
atas tidak berhasil membantu Anda secara drastis, mulailah memacu tingkat
pembacaan Anda dengan mengunakan alat. Gunakan jari anda dengan cara
memindahkan dari kiri ke kanan secara cepat per baris. Cara ini efektif kalau
Anda ingin menghendaki per baris, jika tidak langkaui dari atas ke bawah
menurut keyword atau kalimat topik. Cara ini umumnya menaikkan kecepatan baca
hingga 400-800 wpm.
7.
Jika Anda puas, cara
terbaik membaca adalah dengan mata dan otak (konsentrasi), bukan dengan lisan
(bicara), gerakan kepala, atau memakai jari. Slogan yang perlu diingat:
"Bacalah ide pada teks, bukan kata-kata."
KATA ULANG (REDUPLIKASI)
- Kata ulang (reduplikasi) adalah bentuk dasar yang diulang.
- Bentuk dasar adalah suatu bentuk linguistik yang dijadikan dasar pembentukan kata ulang (bentuk yang lebih besar/bentuk kata sebelum dijadikan kata ulang).
- Prinsip-prinsip pengulangan :
1.
Pengulangan tidak
mengubah golongan (kelas) kata, dari bentuk kata ulang, seperti kata benda,
kata kerja, dan kata sifat. Contoh :
§ Kata benda :
Sepatu-sepatu (sepatu), bungkusan-bungkusan (bungkusan), buah-buahan (buah).
§ Kata kerja :
Berkejar-kejaran (berkejaran), mencabut-cabuti (mencabuti), tertegun-tegun
(tertegun).
§ Kata sifat :
Bagus-bagus (bagus), nakal-nakal (nakal), seburuk-buruknya (buruk),
keputih-putihan (putih).
2.
Bentuk dasar selalu
berupa bentuk yang terdapat dalam penggunaan bahasa sehari-hari. Contoh :
§ Memperbincang-bincangkan :
bentuk dasarnya memperbincangkan, bukan memperbincang.
§ Bersalam-salaman :
bentuk dasarnya bersalaman, bukan bersalam.
§ Rumah-rumahan :
bentuk dasarnya rumah, bukan rumahan
- Berdasarkan jenisnya, kata ulang terbagi menjadi 4 jenis :
1.
Pengulangan
utuh/murni/dwilingga : Pengulangan seluruh
kata dasar. Co : Ibu-ibu (ibu), lampu-lampu (lampu), pertokoan-pertokoan
(pertokoan).
2.
Pengulangan
sebagian/dwipura/suku awal : Bentuk pengulangan
suku pertama kata dasarnya, biasanya disertai variasi e pepet. Co :
Laki-laki-lalaki-lelaki, bercaci-cacian (bercacian), menendang-nendang
(menendang), minum-minuman (minuman), tunjuk-menunjuk (menunjuk).
3.
Pengulangan
berimbuhan : Bentuk pengulangan
kata dengan mendapat awalan, sisipan, akhiran atau gabungan imbuhan
sebelum/sesudah kata dasarnya diulang. Co : Mobil-mobilan (mobil),
sebesar-besarnya (besar), kemerah-merahan (merah).
4.
Pengulangan berubah
bunyi : Co : Warna-warni (warna), sayur-mayur
(sayur), bolak-balik (balik), kerlap-kerlip (kerlip).
- Makna yang dimunculkan oleh kata ulang :
1.
Menyatakan banyak :
Pemain-pemain bola itu berlatih dengan giat.
2.
Menyatakan bermacam-macam
: Para atlet dianjurkan memakan sayur-sayuran segar.
3.
Menyatakan saling :
Setelah pertandingan berakhir, mereka berpeluk-pelukan.
4.
Menyatakan perbuatan
yang dilakukan hanya untuk kesenangan : Mereka duduk-duduk di bawah
pohon sambil menceritakan pengalaman masing-masing.
5.
Menyatakan menyerupai
: Dia membelikan raket-raketan untuk adiknya yang berusia 3 tahun.
6.
Menyatakan agak :
Ia menyembunyikan wajahnya yang kemerah-merahan sewaktu menerima pujian
atas prestasi yang diperolehnya.
7.
Menyatakan
melakukan pekerjaan yang berulang-ulang : Ia melempar-lempar bola
basket itu kepada pemain sebagai pemanasan.
8.
Menyatakan kolektif
: Mereka memasuki lapangan dua-dua orang untuk melakukan contoh
tendangan bola yang baru diajarkan pelatih.
9.
Menyatakan memiliki
sifat : Bicaranya keibu-ibuan sehingga aku merasa lebih cepat
mengerti .
10.
Menyatakan sangat :
Cepat-cepat ditendangnya bola ke arah gawang lawan.
11.
Menyatakan tingkat
yang paling tinggi (superlatif) : Ia berlari sekencang-kencangnya untuk
mencapai garis finis.
PUISI BARU
- Puisi baru memiliki bentuk yanglebih bebas daripada puisi lama baik dalam segi jumlah baris, suku kata, maupun rima.
- Ciri-ciri Puisi Baru :
1.
Bentuknya rapi,
simetris
2.
Mempunyai persajakan
akhir (yang teratur)
3.
Banyak mempergunakan
pola sajak pantun dan syair meskipun ada pola yang lain
4.
Sebagian besar puisi
empat seuntai
5.
Tiap-tiap barisnya
atas sebuah gatra (kesatuan sintaksis)
6.
Tiap gatranya terdiri
atas dua kata (sebagian besar) : 4-5 suku kata
- Jenis-jenis Puisi Baru :
1.
Menurut isinya, puisi
dibedakan atas :
§ Balada adalah puisi
berisi kisah/cerita
§ Himne adalah puisi
pujaan untuk Tuhan, tanah air, atau pahlawan
§ Ode adalah puisi
sanjungan untuk orang yang berjasa
§ Epigram adalah
puisi yang berisi tuntunan/ajaran hidup
§ Romance adalah
puisi yang berisi luapan perasaan cinta kasih
§ Elegi adalah puisi
yang berisi ratap tangis/kesedihan
§ Satire adalah
puisi yang berisi sindiran/kritik
2.
Menurut bentuknya,
puisi dibedakan atas :
§ Distikon
§ Terzina
§ Quatrain
§ Quint
§ Sektet
§ Septime
§ Oktaf/Stanza
§ Soneta
- Contoh jenis puisi menurut isinya :
a) BALADA
Puisi karya Sapardi
Djoko Damono yang berjudul “ Balada Matinya Aeorang Pemberontak”
b) HYMNE
Bahkan batu-batu yang
keras dan bisu
Mengagungkan nama-Mu dengan cara sendiri
Menggeliat derita pada lekuk dan liku
bawah sayatan khianat dan dusta.
Dengan hikmat selalu kupandang patung-Mu
menitikkan darah dari tangan dan kaki
dari mahkota duri dan membulan paku
Yang dikarati oleh dosa manusia.
Tanpa luka-luka yang lebar terbuka
dunia kehilangan sumber kasih
Besarlah mereka yang dalam nestapa
mengenal-Mu tersalib di datam hati.
c) ODE
Generasi Sekarang
Di atas puncak gunung fantasi
Berdiri aku, dan dari sana
Mandang ke bawah, ke tempat berjuang
Generasi sekarang di panjang masa
Menciptakan kemegahan baru
Pantoen keindahan Indonesia
Yang jadi kenang-kenangan
Pada zaman dalam dunia
(Asmara Hadi)
d) EPIGRAM
Hari ini tak ada tempat berdiri
Sikap lamban berarti mati
Siapa yang bergerak, merekalah yang di depan
Yang menunggu sejenak sekalipun pasti tergilas.
(Iqbal) e) ELEGI
Senja di Pelabuhan Kecil
Ini kali tidak ada yang mencari cinta
di antara gudang, rumah tua, pada cerita
tiang serta temali. Kapal, perahu tiada berlaut
menghembus diri dalam mempercaya mau berpaut Gerimis mempercepat kelam. Ada juga kelepak elang
menyinggung muram, desir hari lari berenang
menemu bujuk pangkal akanan. Tidak bergerak
dan kini tanah dan air tidur hilang ombak.
Tiada lagi. Aku sendiri. Berjalan
menyisir semenanjung, masih pengap harap
sekali tiba di ujung dan sekalian selamat jalan
dari pantai keempat, sedu penghabisan bisa terdekap
(Chairil Anwar)
f) SATIRE
Aku bertanya tetapi pertanyaan-pertanyaanku
membentur jidad penyair-penyair salon,
yang bersajak tentang anggur dan rembulan,
sementara ketidakadilan terjadi di sampingnya,
dan delapan juta kanak-kanak tanpa pendidikan, termangu-mangu dl kaki dewi kesenian.
(Rendra)
Mengagungkan nama-Mu dengan cara sendiri
Menggeliat derita pada lekuk dan liku
bawah sayatan khianat dan dusta.
Dengan hikmat selalu kupandang patung-Mu
menitikkan darah dari tangan dan kaki
dari mahkota duri dan membulan paku
Yang dikarati oleh dosa manusia.
Tanpa luka-luka yang lebar terbuka
dunia kehilangan sumber kasih
Besarlah mereka yang dalam nestapa
mengenal-Mu tersalib di datam hati.
c) ODE
Generasi Sekarang
Di atas puncak gunung fantasi
Berdiri aku, dan dari sana
Mandang ke bawah, ke tempat berjuang
Generasi sekarang di panjang masa
Menciptakan kemegahan baru
Pantoen keindahan Indonesia
Yang jadi kenang-kenangan
Pada zaman dalam dunia
(Asmara Hadi)
d) EPIGRAM
Hari ini tak ada tempat berdiri
Sikap lamban berarti mati
Siapa yang bergerak, merekalah yang di depan
Yang menunggu sejenak sekalipun pasti tergilas.
(Iqbal) e) ELEGI
Senja di Pelabuhan Kecil
Ini kali tidak ada yang mencari cinta
di antara gudang, rumah tua, pada cerita
tiang serta temali. Kapal, perahu tiada berlaut
menghembus diri dalam mempercaya mau berpaut Gerimis mempercepat kelam. Ada juga kelepak elang
menyinggung muram, desir hari lari berenang
menemu bujuk pangkal akanan. Tidak bergerak
dan kini tanah dan air tidur hilang ombak.
Tiada lagi. Aku sendiri. Berjalan
menyisir semenanjung, masih pengap harap
sekali tiba di ujung dan sekalian selamat jalan
dari pantai keempat, sedu penghabisan bisa terdekap
(Chairil Anwar)
f) SATIRE
Aku bertanya tetapi pertanyaan-pertanyaanku
membentur jidad penyair-penyair salon,
yang bersajak tentang anggur dan rembulan,
sementara ketidakadilan terjadi di sampingnya,
dan delapan juta kanak-kanak tanpa pendidikan, termangu-mangu dl kaki dewi kesenian.
(Rendra)
- Contoh jenis puisi dari bentuknya :
a) DISTIKON
Contoh :
Berkali kita gagal
Ulangi lagi dan cari akal
Berkali-kali kita jatuh
Kembali berdiri jangan mengeluh
(Or. Mandank)
b) TERZINA
Contoh :
Dalam ribaan bahagia datang
Tersenyum bagai kencana
Mengharum bagai cendana
Dalam bah’gia cinta tiba melayang
Bersinar bagai matahari
Mewarna bagaikan sari
Dari ; Madah Kelana
Karya : Sanusi Pane
c) QUATRAIN
Contoh :
Mendatang-datang jua
Kenangan masa lampau
Menghilang muncul jua
Yang dulu sinau silau
Membayang rupa jua
Adi kanda lama lalu
Membuat hati jua
Layu lipu rindu-sendu
(A.M. Daeng Myala)
d) QUINT
Contoh :
Hanya Kepada Tuan
Satu-satu perasaan
Hanya dapat saya katakan
Kepada tuan
Yang pernah merasakan
Satu-satu kegelisahan
Yang saya serahkan
Hanya dapat saya kisahkan
Kepada tuan
Yang pernah diresah gelisahkan
Satu-satu kenyataan
Yang bisa dirasakan
Hanya dapat saya nyatakan
Kepada tuan
Yang enggan menerima kenyataan
(Or. Mandank)
e) SEXTET
Contoh :
Merindu Bagia
Jika hari’lah tengah malam
Angin berhenti dari bernafas
Sukma jiwaku rasa tenggelam
Dalam laut tidak terwatas
Menangis hati diiris sedih
(Ipih)
f) SEPTIMA
Contoh :
Indonesia Tumpah Darahku
Duduk di pantai tanah yang permai
Tempat gelombang pecah berderai
Berbuih putih di pasir terderai
Tampaklah pulau di lautan hijau
Gunung gemunung bagus rupanya
Ditimpah air mulia tampaknya
Tumpah darahku Indonesia namanya
(Muhammad Yamin)
g) STANZA ( OCTAV )
Contoh :
Awan
Awan datang melayang perlahan
Serasa bermimpi, serasa berangan
Bertambah lama, lupa di diri
Bertambah halus akhirnya seri
Dan bentuk menjadi hilang
Dalam langit biru gemilang
Demikian jiwaku lenyap sekarang
Dalam kehidupan teguh tenang
(Sanusi Pane)
h) SONETA
Contoh :
Gembala
Perasaan siapa ta ‘kan nyala ( a )
Melihat anak berelagu dendang ( b )
Seorang saja di tengah padang ( b )
Tiada berbaju buka kepala ( a )
Beginilah nasib anak gembala ( a )
Berteduh di bawah kayu nan rindang ( b )
Semenjak pagi meninggalkan kandang ( b )
Pulang ke rumah di senja kala ( a )
Jauh sedikit sesayup sampai ( a )
Terdengar olehku bunyi serunai ( a )
Melagukan alam nan molek permai ( a )
Wahai gembala di segara hijau ( c )
Mendengarkan puputmu menurutkan kerbau ( c )
Maulah aku menurutkan dikau ( c )
(Muhammad Yamin)
Berkali kita gagal
Ulangi lagi dan cari akal
Berkali-kali kita jatuh
Kembali berdiri jangan mengeluh
(Or. Mandank)
b) TERZINA
Contoh :
Dalam ribaan bahagia datang
Tersenyum bagai kencana
Mengharum bagai cendana
Dalam bah’gia cinta tiba melayang
Bersinar bagai matahari
Mewarna bagaikan sari
Dari ; Madah Kelana
Karya : Sanusi Pane
c) QUATRAIN
Contoh :
Mendatang-datang jua
Kenangan masa lampau
Menghilang muncul jua
Yang dulu sinau silau
Membayang rupa jua
Adi kanda lama lalu
Membuat hati jua
Layu lipu rindu-sendu
(A.M. Daeng Myala)
d) QUINT
Contoh :
Hanya Kepada Tuan
Satu-satu perasaan
Hanya dapat saya katakan
Kepada tuan
Yang pernah merasakan
Satu-satu kegelisahan
Yang saya serahkan
Hanya dapat saya kisahkan
Kepada tuan
Yang pernah diresah gelisahkan
Satu-satu kenyataan
Yang bisa dirasakan
Hanya dapat saya nyatakan
Kepada tuan
Yang enggan menerima kenyataan
(Or. Mandank)
e) SEXTET
Contoh :
Merindu Bagia
Jika hari’lah tengah malam
Angin berhenti dari bernafas
Sukma jiwaku rasa tenggelam
Dalam laut tidak terwatas
Menangis hati diiris sedih
(Ipih)
f) SEPTIMA
Contoh :
Indonesia Tumpah Darahku
Duduk di pantai tanah yang permai
Tempat gelombang pecah berderai
Berbuih putih di pasir terderai
Tampaklah pulau di lautan hijau
Gunung gemunung bagus rupanya
Ditimpah air mulia tampaknya
Tumpah darahku Indonesia namanya
(Muhammad Yamin)
g) STANZA ( OCTAV )
Contoh :
Awan
Awan datang melayang perlahan
Serasa bermimpi, serasa berangan
Bertambah lama, lupa di diri
Bertambah halus akhirnya seri
Dan bentuk menjadi hilang
Dalam langit biru gemilang
Demikian jiwaku lenyap sekarang
Dalam kehidupan teguh tenang
(Sanusi Pane)
h) SONETA
Contoh :
Gembala
Perasaan siapa ta ‘kan nyala ( a )
Melihat anak berelagu dendang ( b )
Seorang saja di tengah padang ( b )
Tiada berbaju buka kepala ( a )
Beginilah nasib anak gembala ( a )
Berteduh di bawah kayu nan rindang ( b )
Semenjak pagi meninggalkan kandang ( b )
Pulang ke rumah di senja kala ( a )
Jauh sedikit sesayup sampai ( a )
Terdengar olehku bunyi serunai ( a )
Melagukan alam nan molek permai ( a )
Wahai gembala di segara hijau ( c )
Mendengarkan puputmu menurutkan kerbau ( c )
Maulah aku menurutkan dikau ( c )
(Muhammad Yamin)
KALIMAT DASAR
Dalam
menuliskan kalimat dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar maka kita harus
ketahui yaitu unsur-unsur yang ada untuk membuat suatu kalimat yang biasanya
dipakai dalam sebuah kalimat. Dalam bahasa Indonesia biasanya digunakan aturan
SPO atau SPOK (Subjek, Predikat, Objek atau Subjek, Predikat, Objek,
Keterangan).
- Unsur-Unsur Kalimat
a.
Subjek : merupakan jawaban atas pertanyaan apa dan
siapa kepada predikat. Contoh : Aiba memelihara kucing. Maka pertanyaan “Siapa
memelihara?” Adalah Aiba.
b.
Predikat
Ø Menimbulkan pertanyaan apa dan siapa
Ø Dapat berupa kata “adalah” atau “ialah”
Ø Dapat disertai kata aspek (seperti telah, sudah, sedang,
belum, dan akan) pada kalimat verba atau adjectiva dan modalitas (seperti
ingin, hendak, dan mau) untuk menyatakan keinginan pelaku.
c.
Objek : Untuk predikat yang
berupa verba intransitif (kebanyakan berawalan ber- atau ter-) tidak memerlukan
objek, verba transitif yang memerlukan objek kebanyakan berawalan me-.
d.
Pelengkap : Perbedaannya terletak pada
kalimat pasif. Pelengkap tidak menjadi subjek dalam kalimat pasif. Jika
terdapat objek dan pelengkap dalam kalimat aktif, objeklah yang menjadi subjek
kalimat pasif, bukan pelengkap.
e.
Keterangan : Unsur kalimat yang dapat
diubah-ubah posisinya. Jika dari jabatan SPOK menjadi KSPO dan SKPO .Jika tidak
dapat di pindah maka bukan keterangan.
Dalam
suatu kalimat yang biasa digunakan terdapat pola-pola kalimat dapat
dikembalikan ke dalam sejumlah kalimat dasar yang sangat terbatas. Dengan
perkataan lain, semua kalimat yang kita gunakan berasal dari beberapa pola
kalimat dasar saja.
Kalimat
dasar tersebut dapat berupa:
a.
Kalimat dasar berpola
SP
Terdiri dari subjek dan predikat. Predikat dapat berupa:
1.
kata kerja (Ohno(S)
sedang memancing(P))
2.
kata benda (Ayahnya(S)
juru masak(P))
3.
kata sifat (Ohno(S)
baik hati(P))
4.
kata bilangan (Personil
Arashi(S) 5 orang(P))
b.
Kalimat dasar berpola
SPO
Mempunyai unsur Subjek, Predikat, dan Objek. Contoh :
Mereka(S) sedang menyelenggarakan(P) konser(O).
1.
Kalimat dasar berpola
SP Pel.
Mempunyai unsur
Subjek, Predikat, dan Pelengkap. Contoh : Nino(S) berpakaian(P) rapi(Pel).
2.
Kalimat dasar berpola
SPO Pel.
3.
Terdiri dari Subjek,
Predikat, Objek, dan Pelengkap. Contoh : Ohno(S) membelikan(P) Nino(O)
topi(Pel).
4.
Kalimat dasar berpola
SPK
5.
Terdiri dari Subjek,
Predikat, dan Keterangan. Contoh : Aiba(S) berasal dari(P) Chiba(K).
6.
Kalimat dasar berpola
SPOK
7.
Terdiri dari Subjek,
Predikat, Objek, dan Keterangan. Contoh : Mereka(S) makan(P) sawo(O) saat
festival(K).
- Pola Kalimat
Pola-pola kalimat tersebut juga dapat disusun berdasarkan
kata kerja (KK), kata sifat (KS), kata benda (KB) dan kata bilangan (KBil).
Berdasarkan penelitian para ahli, pola kalimat dasar dalam bahasa Indonesia
adalah sebagai berikut.
1.
KB + KK --> Mereka
bernyanyi.
2.
KB + KS --> Aiba dermawan.
3.
KB + KBil --> Harga album
terbaru Arashi delapan ratus ribu
4.
KB + (KD + KB) --> Tinggalnya
di Jambi.
5.
KB1 + KK + KB2 --> Mereka menonton konser.
6.
KB1 + KK + KB2 + KB3 --> Paman mencarikan saya pekerjaan.
7.
KB1 + KB2 --> Ohno penyiar.
Ketujuh pola kalimat
dasar ini dapat diperluas dengan berbagai keterangan dan dapat pula pola-pola
dasar itu digabung-gabungkan sehingga kalimat menjadi luas dan kompleks.
RAGAM TEKS
- KARANGAN NARASI
Ø Menurut Keraf (2000:136), ciri
karangan narasi yaitu:
1.
Menonjolkan unsur
perbuatan atau tindakan.
2.
Dirangkai dalam
urutan waktu.
3.
Berusaha menjawab
pertanyaan, apa yang terjadi?
4.
Ada konfiks.
Narasi dibangun oleh sebuah alur
cerita. Alur ini tidak akan menarik jika tidak ada konfiks. Selain alur cerita,
konfiks dan susunan kronologis, ciri-ciri narasi lebih lengkap lagi diungkapkan
oleh Atar Semi (2003: 31) sebagai berikut:
1.
Berupa cerita tentang
peristiwa atau pengaalaman penulis.
2.
Kejadian atau
peristiwa yang disampaikan berupa peristiwa yang benar-benar terjadi, dapat berupa
semata-mata imajinasi atau gabungan keduanya.
3.
Berdasarkan konfiks,
karena tanpa konfiks biasanya narasi tidak menarik.
4.
Memiliki nilai
estetika.
5.
Menekankan susunan
secara kronologis.
Ciri yang dikemukakan Keraf memiliki
ciri berisi suatu cerita, menekankan susunan kronologis atau dari waktu ke
waktu dan memiliki konfiks. Perbedaannya, Keraf lebih memilih ciri yang
menonjolkan pelaku.
Ø
Tujuan menulis karangan narasi secara fundamental yaitu:
a.
Hendak memberikan
informasi atau wawasan dan memperluas pengetahuan.
b.
Memberikan pengalaman
estetis kepada pembaca.
Ø
Langkah-langkah menulis karangan narasi
1)
Tentukan dulu tema
dan amanat yang akan disampaikan.
2)
Tetapkan sasaran
pembaca kita.
3)
Rancang
peristiwa-peristiwa utama yang akan ditampilkan dalam bentuk skema alur.
4)
Bagi peristiwa utama
itu ke dalam bagian awal, perkembangan, dan akhir cerita.
5)
Rincian
peristiwa-peristiwa utama ke dalam detail-detail peristiwa sebagai pendukung
cerita.
6)
Susun tokoh dan
perwatakan, latar, dan sudut pandang.
Ø Jenis-jenis Karangan Narasi
a.
Narasi Ekspositorik
(Narasi Teknis)
Narasi Ekspositorik adalah narasi yang memiliki sasaran
penyampaian informasi secara tepat tentang suatu peristiwa dengan tujuan
memperluas pengetahuan orang tentang kisah seseorang. Dalam narasi ekspositorik,
penulis menceritakan suatu peristiwa berdasarkan data yang sebenarnya. Pelaku
yang ditonjolkan biasanya satu orang. Pelaku diceritakan mulai dari kecil
sampai saat ini sampai terakhir dalam kehidupannya. Karangan narasi ini
diwarnai oleh eksposisi, maka ketentuan eksposisi juga berlaku pada penulisan
narasi ekspositorik. Ketentuan ini berkaitan dengan penggunaan bahasa yang
logis, berdasarkan fakta yang ada, tidak memasukan unsur sugestif atau bersifat
objektif.
b.
Narasi Sugestif
Narasi sugestif adalah narasi yang berusaha untuk memberikan
suatu maksud tertentu, menyampaikan suatu amanat terselubung kepada para
pembaca atau pendengar sehingga tampak seolah-olah melihat.
- KARANGAN DESKRIPSI
Karangan ini berisi gambaran mengenai
suatu hal/keadaan sehingga pembaca seolah-olah melihat, mendengar, atau
merasakan hal tersebut.
Karangan
deskripsi memiliki ciri-ciri seperti:
a.
Menggambarkan atau
melukiskan sesuatu.
b.
Penggambaran tersebut
dilakukan sejelas-jelasnya dengan melibatkan kesan indera.
c.
Membuat pembaca atau
pendengar merasakan sendiri atau mengalami sendiri.
Ø Pola pengembangan paragraf
deskripsi:
a.
Paragraf Deskripsi
Spasial, paragraf ini menggambarkan objek kusus ruangan, benda atau tempat.
b.
Paragraf Deskripsi
Subjektif, paragraf ini menggambarkan objek seperti tafsiran atau kesan
perasaan penulis.
c.
Paragraf Deskripsi
Objektif, paragraf ini menggambarkan objek dengan apa adanya atau sebenarnya.
Ø Langkah menyusun deskripsi:
1)
Tentukan objek atau tema
yang akan dideskripsikan.
2)
Tentukan tujuan.
3)
Mengumpulkan data
dengan mengamati objek yang akan dideskripsikan.
4)
Menyusun data
tersebut ke dalam urutan yang baik (menyusun kerangka karangan).
5)
Menguraikan kerangka
karangan menjadi dekripsi yang sesuai dengan tema yang ditentukan.
- KARANGAN EKSPOSISI
Paragraf eksposisi adalah paragraf yang
bertujuan untuk memaparkan, menjelaskan, menyampaikan informasi, mengajarkan,
dan menerangkan sesuatu tanpa disertai ajakan atau desakan agar pembaca
menerima atau mengikutinya.
Ciri-ciri
paragraf eksposisi:
a.
Memaparkan definisi (pengertian).
b.
Memaparkan
langkah-langkah, metode, atau cara melaksanakan suatu kegiatan.
- KARANGAN ARGUMENTASI
Karangan argumentasi adalah jenis
paragraf yang mengungkapkan ide, gagasan, atau pendapat penulis dengan disertai
bukti dan fakta (benar-benar terjadi).
Tujuannya adalah agar pembaca yakin bahwa ide, gagasan, atau pendapat tersebut adalah benar dan terbukti.
Tujuannya adalah agar pembaca yakin bahwa ide, gagasan, atau pendapat tersebut adalah benar dan terbukti.
Ciri-ciri
karangan argumentasi:
a.
Menjelaskan pendapat
agar pembaca yakin.
b.
Memerlukan fakta
untuk pembuktian berupa gambar/grafik, dan lain-lain.
c.
Menggali sumber ide
dari pengamatan, pengalaman, dan penelitian.
d.
Penutup berisi
kesimpulan.
FRASA
·
Frasa atau frase adalah sebuah istilah linguistik. Lebih tepatnya, frase
merupakan satuan linguistik yang lebih besar dari kata dan lebih kecil dari
klausa dan kalimat. Frase adalah kumpulan kata nonpredikatif. Artinya frase
tidak memiliki predikat dalam strukturnya. Itu yang membedakan frase dari
klausa dan kalimat. Simak beberapa contoh frase di bawah ini:
a.
ayam hitam saya
b. ayam hitam
c.
ayam saya
d. rumah besar itu
e. rumah besar putih itu
f.
rumah besar di atas
puncak gunung itu
Dalam
konstruksi frase-frase di atas, tidak ada predikat. Lihat perbedaannya
dibandingkan dengan beberapa klausa
di bawah ini:
- ayam saya hitam
- rumah itu besar
- rumah besar itu putih
- rumah putih itu besar
- rumah besar itu di atas puncak gunung
Dalam
konstruksi-konstruksi klausa di atas, hitam,
besar, putih, besar, dan di atas puncak gunung adalah predikat.
Frasa dan kata majemuk. Frase kerap
dibedakan dengan kata majemuk. Makna frase tidak berbeda dengan makna kata yang
menjadi kepala/inti frase.
Misalnya:
Meja hitam tetaplah bermakna
meja, tetapi ditambahkan pewatas sifat hitam. Meja kayu juga tetap meja, tetapi ditambahkan makna pewatas kayu.
Di sisi lain, kata
majemuk memiliki makna yang sangat jauh berbeda dengan makna kata-kata yang
menjadi unsur-unsurnya, sehingga kata majemuk kerap disebut memiliki makna
idiomatis. (disebut kata kiasan)
Misalnya:
Meja hijau dalam bahasa
Indonesia lebih bermakna 'sidang atau pengadilan', bukan semata-mata meja yang
berwarna hijau. Tangan besi
lebih bermakna kepemimpinan yang keras alih-alih tangan yang terbuat dari besi.
ü
Beberapa jenis frasa:
a.
Frasa ekosentris
Frasa eksosentris
adalah frasa yang tidak mempunyai persamaan distribusi dengan unsurnya. Frasa
ini tidak mempunyai unsur pusat. Jadi, frasa eksosentris adalah frasa yang
tidak mempunyai UP.
Contoh: Sejumlah
mahasiswa di teras.
b.
Frasa endosentris
Frasa Endosentris,
kedudukan frasa ini dalam fungsi tertentu, dpat digantikan oleh unsurnya. Unsur
frasa yang dapat menggantikan frasa itu dalam fungsi tertentu yang disebut
unsur pusat (UP). Dengan kata lain, frasa endosentris adalah frasa yang
memiliki unsur pusat.
Contoh: Sejumlah
mahasiswa(S) di teras(P).
c.
Frasa nominal
Nominal adalah lawan
dari verbal. jika verbal adalah kalimat yang berpredikat "Kata Kerja"
maka kalimat nominal berpredikat kata benda atau kata sifat. untuk membentuk
kalimat nominal, maka unsur kalimat harus memenuhi Subjek, To Be dan komplemen.
misalnya "I am Tired", I=subjek, am=To Be dan Tired=Adjective (Passive
voice verb). ini adalah contoh kalimat nominal. arti lain dari nominal adalah
rangkaian angka yang menunjukkan jumlah tertentu, kemudian adapula arti nominal
sebagai kualifikasi (nominasi).
d.
Frasa verbal
Frasa Verbal, frasa yang UP-nya berupa kata yang termasuk
kategori verba. Secara morfologis, UP frasa verba biasanya ditandai adanya
afiks verba. Secara sintaktis, frasa verba terdapat (dapat diberi) kata
‘sedang’ untuk verba aktif, dan kata ‘sudah’ untuk verba keadaan. Frasa verba
tidak dapat diberi kata’ sangat’, dan biasanya menduduki fungsi predikat.
Contoh:
1.
bekerja keras
2.
sedang berlari
Secara morfologis, kata berlari terdapat afiks ber-, dan
secara sintaktis dapat diberi kata ‘sedang’ yang menunjukkan verba aktif.
e.
Frase numeralia
Frase yang mempunyai
distribusi yang sama dengan kata bilangan
contoh :
1.
2 butir telur
2.
10 keping
g.
Frase adverbial
Frase yang mempunyai
distribusi yang sama dengan kata keterangan
contoh :
1.
Besok sore
h.
Frase preposisional
Frase yang terdiri
dari kata depan sebaga penanda, diikuti oleh kata
contoh :
1.
Di halaman sekolah
2.
Dari desa
i.
Frase ajektival
Frase yang mempunyai
distribusi uamh sama dengan kata sifat
contoh :
1.
Bagus sekali
2.
Indah sekali
RELASI MAKNA
- Relasi makna adalah hubungan semantik yang terdapat antara satuan bahasa dengan satuan bahasa lainnya. Satuan bahasa ini dapat berupa kata, frase, kalimat, dan relasi semantik itu dapat menyatakan kesamaan makna, pertentangan, ketercakupan, kegandaan atau kelebihan makna.
- Sinonim atau sinonimi adalah hubungan semantik yang menyatakan kesamaan makna dan bersifat dua arah. Misalnya, antara kata betul dengan kata benar; antara kata hamil dengan frase duduk perut. Ketidaksamaan makna yang bersinonim disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain :
1.
Faktor waktu.
Umpamanya kata hulubalang yang bersifat klasik dengan kata komandan yang tidak
cocok untuk koteks klasik.
2.
Faktor tempat atau
wilayah. Misalnya kata saya yang bisa digunakan di mana saja, sedngkan beta hanya
cocok digunakan untuk wilayah Indonesia bagian timur.
3.
Faktor keformalan.
Misalya kata uang yang dapat digunakan dalam rangka formal dan tidak formal,
sedangkan kata duit hanya cocok untuk ragam tak formal.
4.
Faktor sosial.
Umpamanya kata saya yang dapat digunakan oleh siapa saja dan kepada siapa saja,
sedangkan kata aku hanya digunakan terhadap orang yang sebaya, yang dianggap
akrab, atau kepada yang lebih muda atau lebih rendah kedudukan sosialnya.
5.
Faktor bidang
kegiatan. Misalnya, kata matahari yang biasa digunakan dalam kegiatan
apa saja, sedangkan kata surya hanya cocok digunakan pada ragam khusus terutama sastra.
apa saja, sedangkan kata surya hanya cocok digunakan pada ragam khusus terutama sastra.
6.
Faktor nuansa makna.
Misalnya kata-kata melihat, melirik, menonton, meninjau yang masing-masing
memiliki makna yang tidak sama.
- Antonim atau antonimi adalah hubungan semantik antara dua ujaran yang menyatakan kebalikan. Misalnya kata hidup berlawanan dengan kata mati. Dilihat dari sifat hubungannya, antonim dibagi menjadi:
1.
Antonim yang bersifat
mutlak. Umpamanya, kata hidup berantonim secara mutlak dengan kata mati.
2.
Antonim yang bersifat
relatif atau bergradasi. Umpamanya kata besar dan kecil berantonim secara
relatif.
3.
Antonim yang bersifat
rasional. Umpamanya kata membeli dan menjual, karena munculnya yang satu harus
disertai dengan yang lain.
4.
Antonim yang bersifat
hierarkial. Umpamanya kata tamtama dan bintara berantonim berantonim secara
hierarkial karena kedua satuan ujaran yang berantonim itu berada dalam satu
garis jenjang.
5.
Antonim majemuk
adalah satuan ujaran yang memiliki pasangan antonim lebih dari satu. Umpamanya
dengan kata berdiri dapat berantonim dengan kata duduk, tidur, tiarap, jongkok,
dan bersila.
- Polisemi adalah kata atau satuan ujaran yang mempunyai makna lebih dari satu. Umpamanya, kata kepala yang setidaknya mempunyai makna (1) bagian tubuh manusia, sesuai dalam kalimat kepalanya luka kena pecahan kaca, (2) ketua atau pimpinan, seperti dalam kalimat kepala kantor itu bukan paman saya.
- Homonimi adalah dua buah kata atau satuan ujaran yang bentuknya “kebetulan” sama; maknanya tentu saja berbeda, karena masing-masing merupakan kata atau bentuk ujaran yang berlainan. Umpamanya, antara kata pacar yang bermakna ‘inai’ dan kata pacar yang bermakna ‘kekasih’.
- Homofoni adalah adanya kesamaan bunyi (fon) antara dua satuan ujaran tanpa memperhatikan ejaan. Contoh yang ada hanyalah kata bank ‘lembaga ‘keuangan’ dengan kata bang yang bermakna ‘kakak laki-laki’.
- Homografi adalah mengacu pada bentuk ujaran yang sama ejaannya tetapi ucapan dan maknanya tidak sama. Contohnya kata teras yang maknanya ‘inti’ dan kata teras yang maknanya ‘bagian serambi rumah’.
Perbedaan polisemi dan homonimi adalah kalau polisemi
merupakan bentuk ujaran yang maknanya lebih dari satu, sedangkan homonimi
bentuk ujaran yang “kebetulan” bentuknya sama, namun maknanya berbeda.
- Contoh-contoh lain :
1.
Sinonim :
§ Faktor waktu :
Nyai – nyonya, ajudan – anak buah, Batavia – Jakarta
§ Faktor tempat :
Paman – pak de, namburu – tante
§ Faktor keformalan :
Saya – gue, sejuk – adem, berbicara – ngomong
§ Faktor sosial :
Tante – bibi, om – paman, kakek – opa
§ Faktor bidang kegiatan : Udara – oksigen, jamur – fungi,
yang – nan
§ Faktor nuansa makna : Melihat – melirik – menonton
2.
Antonim :
§ Mutlak : Laki-laki
x perempuan, benar x salah
§ Relatif : Cantik x
jelek, kaya x miskin
§ Rasional : Pasang x
surut, penawaran x permintaan
§ Hierarki : Tua x
muda, presiden x wakil presiden, tamtama x bintara
§ Majemuk : Raja x ratu
x prajurit, berdiri x duduk x jongkok
3.
Polisemi :
§ Kaki –> kaki gunung, kaki manusia, kaki bangku
4.
Homonim :
§ Bisa –> Racun – sanggup
§ Tahu –> Makanan – mengetahui
§ Buku –> Ruas – buku
5.
Homograf :
§ Merah –> Memerah sapi – pipinya memerah
§ Apel –> Makan apel – pagi ini ada apel
§ Seri –> Gigi seri – pertandingan itu seri
6.
Homofon :
§ Bang – bank
§ Sangsi – sanksi
§ Masa – massa
PUISI LAMA
- Puisi lama adalah puisi yang terikat oleh aturan-aturan. Aturan- aturan itu antara lain :
1.
Jumlah kata dalam 1
baris
2.
Jumlah baris dalam 1
bait
3.
Persajakan (rima)
4.
Banyak suku kata tiap
baris
5.
Irama
- Ciri-ciri Puisi Lama :
1.
Merupakan puisi
rakyat yang tak dikenal nama pengarangnya
2.
Disampaikan lewat
mulut ke mulut, jadi merupakan sastra lisan
3.
Sangat terikat oleh
aturan-aturan seperti jumlah baris tiap bait, jumlah suku kata maupun rima
- Jenis Puisi Lama. Yang termasuk puisi lama adalah :
1.
Mantra adalah
ucapan-ucapan yang dianggap memiliki kekuatan gaib
2.
Pantun adalah puisi
yang bercirikan bersajak a-b-a-b, tiap bait 4 baris, tiap baris terdiri dari
8-12 suku kata, 2 baris awal sebagai sampiran, 2 baris berikutnya sebagai
isi. Pembagian pantun menurut isinya terdiri dari pantun anak, muda-mudi,
agama/nasihat, teka-teki, jenaka
3.
Karmina adalah pantun
kilat seperti pantun tetapi pendek
4.
Seloka adalah pantun
berkait
5.
Gurindam adalah puisi
yang berdirikan tiap bait 2 baris, bersajak a-a-a-a, berisi nasihat
6.
Syair adalah puisi
yang bersumber dari Arab dengan ciri tiap bait 4 baris, bersajak a-a-a-a,
berisi nasihat atau cerita
7.
Talibun adalah pantun
genap yang tiap bait terdiri dari 6, 8, ataupun 10 bari
- Ciri-ciri dari jenis puisi lama :
1.
Mantra :
§ Berirama akhir abc-abc, abcd-abcd, abcde-abcde.
§ Bersifat lisan, sakti atau magis
§ Adanya perulangan
§ Metafora merupakan unsur penting
§ Bersifat esoferik (bahasa khusus antara pembicara dan lawan
bicara) dan misterius
§ Lebih bebas dibanding puisi rakyat lainnya dalam hal suku
kata, baris dan persajakan.
2.
Pantun :
§ Setiap bait terdiri 4 baris
§ Baris 1 dan 2 sebagai sampiran
§ Baris 3 dan 4 merupakan isi
§ Bersajak a – b – a – b
§ Setiap baris terdiri dari 8 – 12 suku kata
§ Berasal dari Melayu (Indonesia)
3.
Karmina :
§ Setiap bait merupakan bagian dari keseluruhan.
§ Bersajak aa-aa, aa-bb
§ Bersifat epik: mengisahkan seorang pahlawan.
§ Tidak memiliki sampiran, hanya memiliki isi.
§ Semua baris diawali huruf capital.
§ Semua baris diakhiri koma, kecuali baris ke-4 diakhiri tanda
titik.
§ Mengandung dua hal yang bertentangan yaitu rayuan dan
perintah.
4.
Seloka :
§ Ditulis empat baris memakai bentuk pantun atau syair,
§ Namun ada seloka yang ditulis lebih dari empat baris.
5.
Gurindam :
§ Baris pertama berisikan semacam soal, masalah atau
perjanjian
§ baris kedua berisikan jawabannya atau akibat dari masalah
atau perjanjian pada baris pertama tadi.
6.
Syair :
§ Terdiri dari 4 baris
§ Berirama aaaa
§ Keempat baris tersebut mengandung arti atau maksud penyair
7.
Talibun :
§ Jumlah barisnya lebih dari empat baris, tetapi harus genap
misalnya 6, 8, 10 dan seterusnya.
§ Jika satu bait berisi enam baris, susunannya tiga sampiran
dan tiga isi.
§ Jika satu bait berisi delapan baris, susunannya empat
sampiran dan empat isi.
§ Apabila enam baris sajaknya a – b – c – a – b – c.
§ Bila terdiri dari delapan baris, sajaknya a – b – c – d – a
– b – c – d
- Contoh dari Jenis-jenis Puisi Lama :
1.
Mantra :
§ Assalammu’alaikum putri satulung besar
Yang beralun berilir simayang
Mari kecil, kemari
Aku menyanggul rambutmu
Aku membawa sadap gading
Akan membasuh mukamu
2.
Pantun :
§ Kalau ada jarum patah
Jangan dimasukkan ke dalam peti
Kalau ada kataku yang salah
Jangan dimasukan ke dalam hati
3.
Karmina :
§ Dahulu parang, sekarang besi (a)
Dahulu sayang sekarang benci (a)
4.
Seloka :
§ Lurus jalan ke Payakumbuh,
Kayu jati bertimbal jalan
Di mana hati tak kan rusuh,
Ibu mati bapak berjalan
5.
Gurindam :
§ Kurang pikir kurang siasat (a)
Tentu dirimu akan tersesat (a)
Barang siapa tinggalkan sembahyang ( b )
Bagai rumah tiada bertiang ( b )
Jika suami tiada berhati lurus ( c )
Istri pun kelak menjadi kurus ( c )
6.
Syair :
§ Pada zaman dahulu kala (a)
Tersebutlah sebuah cerita (a)
Sebuah negeri yang aman sentosa (a)
Dipimpin sang raja nan bijaksana (a)
7.
Talibun :
§ Kalau anak pergi ke pekan
Yu beli belanak pun beli sampiran
Ikan panjang beli dahulu
§ Kalau anak pergi berjalan
Ibu cari sanak pun cari isi
Induk semang cari dahulu
keren!
BalasHapusCoba ad yg kels XI juga. ;)
Terima kasih ok
BalasHapusTerima kasih ok
BalasHapusTerima kasih ok
BalasHapusIni smt 1 atau 2 ya? Atau 1 dan 2?
BalasHapus